Perangkat Penjas


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


A. IDENTITAS
            Nama Sekolah             : SMA N 1 Kejobong
Mata Pelajaran            : Penjas Orkes
Kelas / Semaster          : X / 2
Pertemuan Ke             : 1
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit
Standar kompetensi    : 8.        Memptraktikkan berbagai keterampilan permainan                                                            olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang                                                            terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar       : 8.3     Mempraktikkan keterampilan atletik dengan                                                            menggunakan peraturan  yang dimodifikasi  serta nilai                                                            kerjasama,  kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.
Indikator                     :  8.3.4  Melakukan teknik awalan lompat jauh gaya menggantung
                         8.3.5  Melakukan teknik tumpuan lompat jauh gaya menggantung
                         8.3.6  Melakukan teknik sat melayang diudara lompat jauh                                                 gaya menggantung
                         8.3.7  Melakukan teknik mendarat pada lompat jauh gaya
                                    menggantung                          
B.Tujuan Pembelajaran
    Melalui demonstrasi dan penugasan siswa dapat melakukan teknik awalan,teknik tumpuhan, teknik saat melayang di udara dan teknik mendarat lompat jauh gaya menggantung,

C.Materi Ajar ( terlampir di kumpulan bahan ajar )
            Lompat jauh gaya menggantung ( Hang style )
1. Teknik awalan
2. Teknik tumpuan
3. Teknik saat melayang diudara
4. teknik mendarat
        
D. Metode Pembelajaran
Metode ceramah
Metode demonstrasi
Metode pemberian tugas.

E. Kegiatan  Pembelajaran

NO
Kegiatan Pembelajaran
Waktu (Menit)
Nilai Karakter

    1.
TATAP MUKA
Kegiatan Awal ( Pendahuluan )
Apresiasi
-    Peserta didik di bariskan , berdoa dan di absen
-    Peserta didik melakukan pemanasan bersama-sama
-    Mengarahkan peserta didik untuk  mengingat tentang lompat jauh gaya menggantung / hang style dengan tanya jawab.
-    Mengkaitkan hasil tanya jawab dengan  materi
yang akan disampaikan pada hari itu.

15’


Religius,disiplin,
jujur dan rasa ingin tahu

   2.

Kegiatan Inti
Eksplorasi
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang lompat jauh gaya menggantug/ hang style.

Elaborasi:
  1. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian secara bergantian melakukan gerakan lari A,B dan C yaitu lari pembentukan yang terdiri dari: Lari mengangkat paha setinggi panggul, dari lari di tempat dilanjutkan bergerak ke depan kemudian
      gerakan lari dengan menyentuhkan tumit ke pantat dari di tempat dilanjutkan bergerak ke depan dan gerakan menendang  posisi lutut lurus, dari ditempat dilanjutkan bergerak ke depan.
    2. Secara bergantian siswa melakukan latihan tolakan tanpa  awalan, 1, 3, 5, 7, 9 dan 11 langkah awalan.
    3. Secara bergantian siswa berlatih sikap badan diudara dengan melompat dibantu papan tolak agak tinggi permukaan, caranya: sikap badan atas pasif dan melenting kebelakang, kedua lengan diayunkan dari belakang ke depan bersamaan dengan             ayunan kaki ke depan persiapan mendarat. Kaki ayun diangkat bersamaan dengan                diturunkan panggul dibawah ke depan.
   4. Siswa melakukan latihan mendarat dengan dua kaki bersama-sama , badan condong kedepan dan kakinya mengeper / ditekuk

Konfirmasi
-    Guru memberi konfirmasi jalannya praktek
-    Guru memberi penekanan kembali terhadap materi yang diajarkan yaitu lompat iauh gaya menggantung /   hang style
-    Memotifasi siswa yang belum aktif selama praktek berlangsung.
      
            65’



Rasa ingin tahu




Rasa ingin tahu, kerja keras, mandiri, sportifitas



















Tanggung jawab, rasa ingin tahu
 
   3.

Kegiatan Penutup
A.    Evaluasi / Tanya jawab
B.     Penenangan / Pendinginan

 PENUGASAN TERSTRUKTUR  (PT) dan  KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR
 Disampaikan saat kegiatan penutup
-    Penugasan Terstruktur( PT)
   Membuat rangkuman tentang materi lompat jauh gaya  menggantung / hang style.
-    KMTT
    Latihan gerakan kayang di rumah
       
           10’


Tanggung jawab





Mandiri, jujur dan disiplin





F.      Penilaian.
         Penilaian afektif yang meliputi

  NO

NAMA SISWA
ASPEK PENILAIAN SIKAP


JML SKOR

NILAI
1
2
3
4
5
1








2








3








4dst








            1. Kedisiplinan                                    skor 2
            2. Semangat dalam pembelajaran        skor 2
            3. Sportifitas                                       skor 2
            4. Kejujuran                                       skor 2
            5. Kerapian                                        skor 2
                                                Jumlah            skor 10


G. Alat / Sumber Bahan
         *. Alat-alat pelajaran      : bak pasir, balok tumpu. bendera kecil, pluit
         *. Sumber bahan            : Buku Pendidikan Jasmani dan Kesehatan untuk SMA kelas X.

           




                                                                                          Kejobong,   Juli 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran



ANJAR SUANTO, S.Pd                                                    PURWANI, S.Pd
NIP 19680215 199512 1 004                                            NIP 19720525 200801 2 013

1 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More