Minggu, 15 Januari 2012

materi lompat jauh


MATERI PEMBELAJARAN
LOMPAT  JAUH GAYA  JONGKOK

Lompat jauh adalah ketrampilan gerak berpindah satu tempat ketempat lainnya dengan satu kali tolakan kedepan sejauh mungkin untuk memperoleh hasil yang maksimal. Lompat jauh gaya jongkok merupakan salah satu gaya dalam lompat jauh. Disebut gaya jongkok karena gerak dan sikap badan saat berada diudara menyerupai dengan sikap jongkok. Tahapan dalam melakukan lompat jauh  adalah awalan ,tumpuan atau tolakan, melayang dan  saat mendarat.

1. AWALAN
Awalan berguna untuk mendapatkan kecepatan berlari secepat-cepatnya sebelum mencapai balok tumpu dengan jarakantara 30 sampai 40 meter.Menjelang  tiga sampai 4 langkah sebelum balok tumpu, seorang pelompat harus dapat berkonsentrasi untuk dapat melakukan tumpuan dengan kuat tanpa mengurangi kecepatan lari.

2. TUMPUAN ATAU TOLAKAN
Tumpuan adalah perpindahan yang sangat cepat antara lari awalan dan melayang.Ketepatan tumpuan pada balok tumpu serta besarnya tenaga tolakan yang dihasilkan oleh kaki ( explosivve power ) kaki sangatlah menentukan pencapaian hasil lompatan. Oleh sebab iti latihan ketepatan menumpu pada balok tumpu dapat dilakukan dengan jumlah langkah sebanyak 5 sampai 7 langkah kemudian badan condong kedepan titik berat badan terletak agak kedepan, sudut tolakan berkisar antara 40 – 50 drajat.

3. MELAYANG ( SIKAP BADAN SAAT DIUDARA )
Setelah pelompat menumpu dengan posisi badan condong kedepan terangkat melayang diudara bersamaan dengan ayunan kedua lengan kedepan atas. Untuk mrndapatkan tinggi dan jauhnya lompatan harus meluruskan kaki tumpu selurus-lurusnya dan secepat-cepatnya. Pada waktu naik  badan harus dapat ditahan dalam keadaan rileks kemudian melakukan gerakan-gerakan sikap tubuh diudara. Pada waktu diudara dengan sikap jongkok saat kaki tolak menolakkan kaki pada balok tumpu kaki diayunkan kedepan atas  untuk membantu mengangkat titik berat badan keatas kemudian diikuti kaki tolak menyusul kaki ayun. Saat melayang kedua kaki sedikit ditekuk sehingga posisi badan berada dalam sikap jongkok,keadaan ini dipertahankan sampai sebelum melakukan pendaratan.

4. MENDARAT
Pada waktu mendarat posisi badan harus dibawa kedepan dengan cara membungkukan badan dan lutut hampir merapat dibantu dengan menjulurkan tangan kedepan,usahakan yang menyentuh ketanah adalah tumitnya dahulu yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan badan agar tidak jatuh kebelakang.

2 komentar:

Bu, Kurang lengkap gadgetnya,.... Yang penting Total tayangan, cari blog di sini blm ada. Baru buat ya?
Selamat Ya,...

Ini blog saya http://hswoyo.blogspot.com dan http://sdn1sirau.blogspot.com

SELAMAT YA BU ATAS HADIRNYA BLOG INI,SEMOGA BANYAK MANFAATNYA...KHUSUSNYA DIBIDANG KESEHATAN JASMANI.
sALAM KENAL DAN SALAM PASEDULURAN..

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More